Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan

- April 08, 2017

Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan

 
Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan Dahulu, setiap negara memiliki system satuan sendiri yng berbeda antara negara yng satu yang dengannya negara lain. Semisal halnya di Inggris dan beberapa negara lain mempergunakan satuan mil, yard, dan inci bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur besaran panjang. Akan tetapi satuan-satuan yang telah di sebutkan tak bisa dipakai oleh seluruh negara, menjadikan terlaksana kesulitan-kesulitan dalam penyesuaian satuan. Oleh lantaran itu, dibuatlah suatu satuan yng bisa dipakai di seluruh dunia dan disebut system Satuan Internasional (SI).
Sebuah satuan dikatakan baik andaikan memenuhi syarat-syarat berikut:
1. Satuan Perlu besifat internasional, yakni bisa dipakai diseluruh dunia.
2. Satuan Perlu gampang ditiru dan diperbanyak sesuai yang dengannya satuan asli.
3. Satuan Perlu bersfat tetap, tak mengalami perubahan dalam segala keadaan.
Lihat pula: Besaran Pokok, Besaran Turunan dan Semisal Soal Sistem Satuan Internasional Sistem Satuan Internasional (SI) adalah system satuan ataupun besaran yng dipakai dan disepakati oleh seluruh dunia kecuali Amerika, Myanmar dan Liberia. Sistem SI dipakai pada besaran pokok dan besaran turunan, system SI dikenal pula menjdai system MKS yakni panjang (Meter), massa (Kilogram), waktu (Sekon). Maksudnya andaikan dalam sebuah pengukuran kita mempergunakan meter menjdai satuan panjang, maka satuan massa Perlu kilogram dan satuan waktu Perlu sekon.
Jenis-macam satuan internasional (SI)
Satuan Dasar/Pokok Sistem SI terdiri dari tujuh satuan dasar ataupun satuan pokok dan dua satuan tanpa dimensi.
Besaran Pokok dan Satuan Internasional
Satuan Turunan Satuan turunan merupakan satuan yng diturunkan dari satuan dasar/pokok. Yang akan di sajikan kali ini beberapa semisal satuan turunan yakni:
Besaran Turunan dan Satuan Internasional
Awalan Satuan Dalam system SI pula terdapat standar awalan (prefix). Awalan SI merupakan awalan yng bisa diaplikasikan ke dalam satuan SI bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk sebuah satuan yng menandakan kelipatan dari satuan yang telah di sebutkan. Awalan SI pula dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah menuliskan jumlah tanpa Perlu mempergunakan notasi ilmiah / tidak sedikit angka ataupun tidak sedikit nol. Menjdai semisal, jarak antara dua kota merupakan 10.000 meter, nah jarak kedua kota yang telah di sebutkan bisa pula kita tulis 10 kilometer. (lantaran awalan kilo yng berguna dikalikan yang dengannya 1.000, maka 1 kilometer berguna 1.000 meter dan 10 kilometer = 10.000 meter). Awalan-awalan satuan adalah kelipatan 10 dari satuan dasar.
Tabel berikut menunjukan awalan-awalan pada satuan SI Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan
*Selain system MKS ataupun system SI, system satuan lain yng pula kita kenal merupakan system CGS (Centimeter, Gram, Sekon) yakni andai kita mempergunakan centimeter menjdai satuan panjang, maka satuan massa Perlu gram dan satuan waktu Perlu sekon.


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.jendelailmu.net/2016/03/sistem-satuan-internasional-dan-awalan.html

Seputar Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Sistem Satuan Internasional dan Awalan Satuan