Menghitung Luas Persegi Jika diketahui Diagonalnya

- April 06, 2017

Menghitung Luas Persegi Jika diketahui Diagonalnya

 

Hallo sahabat, di artikel ini saya akan membahas mengenai tatacara menghitung luas persegi. Kita tentunya telah mengetahui bahwasanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari luas persegi bisa dihitung yang dengannya tatacara mengalikan sisi yang dengannya sisinya. Akan tetapi bagaimana andai panjang sisinya tak diketahui serta cuma diketahui diagonalnya? Bagaimana tatacara menghitung luas persegi andai diketahui diagonalnya? Berikut saya jelaskan tatacara menghitungnya.
Pertama-tama, perhatikan gambar persegi dibawah ini, sesudah ditarik garis diagonal, persegi yang telah di sebutkan terbagi menjadi dua bagian yng percis yng masing-masing bagiannya membentuk segitiga siku-siku, menjadikan yang dengannya mempergunakan rumus phytagoras diperoleh rumus diagonal yakni d² = s² + s² (andai belum memahami asal rumus yang telah di sebutkan silakan baca berlebi dahulu Rumus Luas, Keliling serta Diagonal persegi). Menghitung Luas Persegi Jika diketahui Diagonalnya Lantas karna rumus luas persegi merupakan sisi dikali sisi, maka kita cari berlebi dahulu hubungan antara diagonal serta sisi persegi. diagonal² = sisi² + sisi² d² = 2s² s² = ½ d² s = √ ½ d² rumus sisi persegi:
maka:
Rumus luas persegi andai diketahui diagonalnya
Luas = sisi × sisi
Menjadikan:
Luas = √ ½ d² × √ ½ d² yang dengannya d = diagonal
Rumus keliling persegi andai diketahui diagonalnya Keliling = 4 × sisi
Semisal soal: 1. Sebuah persegi mempunyai diagonal 10 cm, berapakah luas persegi yang telah di sebutkan? Jawab: Luas = ½ d² Luas = ½ × 10² = ½ (100) = 50 cm²
2. Diketahui luas sebuah persegi merupakan 100 cm², hitung diagonal persegi yang telah di sebutkan! Jawab: Luas = ½ d² 100 = ½ d² d² = 2 × 100 = 200 d = √200 = 10√2 cm
3. Hitunglah keliling sebuah persegi andai diketahui diagonalnya merupakan 8√2 ! Jawab: K = 4s K = 4 × √ ½ d² K = 4 × √ ½ (8√2)² K = 4 × √64 = 4 (8) = 32 cm.


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.jendelailmu.net/2016/05/menghitung-luas-persegi-jika-diketahui.html

Seputar Menghitung Luas Persegi Jika diketahui Diagonalnya

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Menghitung Luas Persegi Jika diketahui Diagonalnya