Gerak Vertikal dan Contoh Soalnya

- April 04, 2017

Gerak Vertikal dan Contoh Soalnya

 
Gerak vertikal adalah gerak suatu benda dalam lintasan vertikal ataupun searah yang dengannya sumbu Y. Misalnya yakni disaat buah terjatuh dari pohonnya, pergerakan naik dan turun lift, dan gerak sebuah bola yng dilemparkan vertikal keatas. Gerak vertikal dibedakan menjadi 2 jenis yakni gerak vertikal ke bawah (salah satunya didalamnya terdapat gerak jatuh bebas) dan gerak vertikal ke atas. Gerak vertikal salah satunya dalam Gerak Lurus Berganti Beraturan (GLBB) yng setiap pergerakannya selalu dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi. Gerak suatu benda secara vertikal ke atas menjauhi pusat bumi (berlawanan arah yang dengannya gaya gavitasi bumi) menjadikan kecepatannya makin menurun dan akan menjadi nol pada titik tertinggi. Sebaliknya, arah gerak vertikal ke bawah mendekati pusat bumi (searah yang dengannya gaya gravitasi bumi) menjadikan kecepatannya makin meningkat dan mencapai kecepatan maksimum pada titik terendah beberapa saat sebelum menyentuh permukaan tanah. Lebih lanjut mengenai gerak vertikal yang akan di sajikan kali ini ringkasan penjelasan dan persamaan rumusnya.
• Gerak Vertikal ke bawah
Gerak vertikal ke bawah adalah gerak suatu benda yng dilemparkan vertikal ke bawah yang dengannya kecepatan awal tertentu (V₀) dan percepatan g.
Gerak Vertikal dan Contoh Soalnya Pada gerak vertikal ke bawah berlaku persamaan berikut:

dimana : V₀ = kecepatan awal (m/s) Vt = kecepatan pada waktu t (m/s) g = gravitasi bumi (9,8 m/s² ataupun 10 m/s²) h = ketinggian (m) t = waktu (s)
• Gerak Jatuh bebas Gerak jatuh bebas merupakan gerak sebuah benda yng jatuh dari suatu ketinggian tertentu yang dengannya tanpa adanya gaya dorong ataupun tanpa kecepatan awal (V0 = 0).
Lantaran (V0 = 0) maka persamaan rumus gerak jatuh bebas menjadi:
• Gerak Vertikal ke atas
Gerak vertikal ke atas adalah gerak suatu benda yng dilemparkan vertikal ke atas yang dengannya kecepatan awal (V0) tertentu dan percepatan gravitasi berharga negatif (–) pada era naik dan berharga positif (+) pada era turun.
Gerak Vertikal dan Contoh Soalnya Pada gerak vertikal ke atas berlaku persamaan berikut:
Contoh Soal: Sebuah batu dilemparkan keatas yang dengannya kecepatan 25 m/s. tentukan kecepatan dan ketinggian batu sesudah bergerak selama 2 sekon!
Pemaparan: Diketahui: V0 = 25 m/s
t = 2 s
g = 10 m/s²
Ditanya: a) kecepatan sesudah 2 s ( vt) b) ketinggian sesudah 2 s (h) Jawab: a) kecepatan sesudah 2 s vt = v0 - g.t vt = 25 - (10.2) vt = 25 - 20 vt = 5 m/s
b) ketinggian sesudah 2 s h = v0. t - seperdua. g.t² h = 25 . 2 - seperdua. 10. (2)² h = 50 - 20 h = 30 m
Butuh lebih tidak sedikit lagi mengenai semisal soal gerak vertikal silakan lihat pula: Contoh Soal dan Pemaparan Gerak Vertikal dan Gerak Jatuh Bebas

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.jendelailmu.net/2016/10/gerak-vertikal-dan-contoh-soalnya.html

Seputar Gerak Vertikal dan Contoh Soalnya

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Gerak Vertikal dan Contoh Soalnya