Rumus Segitiga Lengkap Beserta Contoh Soalnya

- Maret 27, 2017

Rumus Segitiga Lengkap Beserta Contoh Soalnya

 

Rumus Segitiga Lengkap Beserta Contoh Soalnya Semisal yng sudah kita ketahui segitiga adalah suatu bangun datar yng terbatas oleh tiga buah sisi serta memiliki tiga titik sudut.
Jumlah ketiga titik sudut segitiga merupakan 180°, menjadikan andaikan besar satu dari sekian banyaknya ataupun kedua titik sudutnya diketahui kita bisa mencari besar titik sudut yng lain-lainnya.
Contoh soal:
Perhatikan gambar berikut!
Diketahui ∠A = 45°, ∠B = 60°, tentukan besar sudut C!
sudut-sudut segitiga Pemaparan:
180° = ∠A+∠B+∠C
180° = 45°+60°+∠C
∠C = 180° - (45°+60°)
∠C = 180° - 105°
∠C = 75°

Jenis-jenis segitiga:
1. didasari panjang sisinya
Jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya
2. didasari besar sudutnya
Jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Luas serta Keliling Segitiga
Luas
Luas merupakan seperdua dikali panjang alas serta tingginya.
Luas dan keliling segitiga Keliling keliling merupakan jumlah panjang sisi-sisi yng memberikan batas bidang datar yang telah di sebutkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk segitiga percis sisi (misalnya panjang sisi-sisinya kita sebut a) luas serta kelilingnya bisa pula kita cari yang dengannya mempergunakan rumus;
Contoh soal: Tentukan luas serta keliling pada segitiga percis kaki berikut, andai diketahui PR = 12cm, QS = 8cm, serta QR = 10cm! Luas dan keliling segitiga Pemaparan: Pada segitiga diatas PR = alas segitiga, serta QS = tingginya. Keliling = sisi1+sisi2+sisi3 (lantaran segitiga diatas percis kaki maka PQ = QR = 10cm) Keliling = 12+10+10 =36 cm
Mencari luas segitiga yang dengannya Teorema Heron Teorema Heron umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari luas segitiga sembarang, misalnya a, b, serta c merupakan ketiga sisi segitiga maka luas segitiga yang telah di sebutkan merupakan:
Segitiga sembarang
dimana s = semiperimeter yakni seperdua keliling, ataupun lihat pula: Contoh Soal serta Pemaparan Segitiga Contoh soal: Diketahui sebuah segitiga sembarang yang dengannya panjang masing-masing sisinya yakni 5 cm, 7 cm, serta 8 cm. tentukan luas dari segitiga yang telah di sebutkan! Pemaparan: hitung nilai semiperimeternya: Luas segitiga:
Teorema Phytagoras Teorema Phytagoras merupakan teorema yng menunjukkan hubungan setiap panjang sisi-sisi pada segitiga siku-siku. Teorema ini cuma berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk segitiga siku-siku, yakni segitiga yng besar satu dari sekian banyaknya sudutnya merupakan 90°. Teorema Phytagoras menyatakan bahwasanya yang dengannya titik C menjdai sudut siku-siku. Agar lebih terang silakan perhatikan gambar berikut: Teorema Phytagoras
Andai ada tiga buah bilangan a, b, serta c yng memenuhi persamaan Phytagoras diatas maka ketiga bilangan yang telah di sebutkan disebut bilangan Triple Phytagoras. (penjelasan lebih lanjut mengenai triple phytagoras silakan baca: Triple Phytagoras)
Contoh soal: Sebuah segitiga, siku-siku dititik C. Diketahui panjang AB = 25cm, BC = 15cm. Berapakah panjang AC? Teorema Phytagoras
Pemaparan: didasari teorema phytagoras ; menjadikan,
Lingkaran dalam serta Luar Segitiga Lingkaran dalam segitiga Lingkaran dalam segitiga Lingkaran dalam segitiga merupakan suatu lingkaran yng berada didalam segitiga dan menyinggung ketiga sisi segitiga yang telah di sebutkan. Jari-jari lingkaran dalam segitiga dirumuskan menjdai berikut: dimana r = jari-jari lingkaran dalam segitiga L=luas segitiga s=seperdua keliling segitiga
Lingkaran luar segitiga
Lingkaran luar segitiga
Lingkaran luar segitiga merupakan lingkaran yng berada diluar sigitiga dan keliling segitiga yang telah di sebutkan menyinggung perpotongan tiga garis segitiga. Jari-jari lingkaran luar segitiga dirumuskan menjdai berikut: R = jari-jari lingkaran luar segitiga a, b, serta c = 3 sisi segitiga
L = luas segitiga
Perhatikan rumus lingkaran dalam ataupun lingkaran luar segitiga diatas, masing-masing terdapat L (Luas segitiga), luas segitiga disini bisa kita cari yang dengannya mengetahui jenis segitiga yng ada pada lingkaran dalam ataupun lingkaran luar segitiga yang telah di sebutkan. (penjelasan lebih lanjut mengenai lingkaran dalam serta lingkaran luar segitiga akan saya buat pada tulisan atau artikel selanjutnya).
Contoh soal: Tentukan jari-jari lingkaran dalam segitiga yang akan di sajikan kali ini andai diketahui panjang AB = 16cm, BC = 12cm, serta AC = 20cm!
Contoh lingkaran dalam segitiga
Pemaparan: lantas hitung luas segitiga: menjadikan nilai jari-jarinya merupakan:
Demikian postingan mengenai Rumus Segitiga Lengkap Beserta Contoh Soalnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk latihan soalnya silakan lihat di Kumpulan Soal Segitiga. Mudah-mudahan berguna.
Mohon maaf andai ada kata maupun perhitungan yng salah dalam postingan diatas.


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.jendelailmu.net/2015/11/rumus-segitiga-lengkap-beserta-contoh.html

Seputar Rumus Segitiga Lengkap Beserta Contoh Soalnya

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Rumus Segitiga Lengkap Beserta Contoh Soalnya