Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

- Mei 05, 2017

Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

 

Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal
Kemampuan siswa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemukan key word butuh dilatih serta dibiasakan.
Ujian Nasional (UN) masih menjadi satu dari sekian banyaknya tolak ukur kelulusan serta prasyarat menempuh jenjang pendidikan lanjutan. Dalam menghadapi UN tidak sedikit upaya yng di lakukan sekolah serta guru dalam mencapai kesuksesan maksimal UN terhadap anak didiknya, agar sukses mendapatkan nilai UN yang dengannya baik menjadikan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai keinginan siswa.
Tidak sedikit hal yng menjadi pertimbangan UN masih diharapkan dalam bidang pendidikan antara lain: UN membuat persebaran nilai menjadi lebih lebar, menjadikan bisa terlihat lebih nyata kemampuan siswa terhadap pelajaran yng diterima selama sekolah, UN sebagi sarana evaluasi dimana evaluasi merupakan dimensi penting dalam manajemen bidang pendidikan, UN menjdai syarat kelulusan, UN menjdai bentuk evaluasi serta bisa atau mampu mendorong sikap positif, lantaran siswa terdorong bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajardan berdoa lebih giat, UN merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemetaan kualitas pendidikan di Indonesia, UN merupakan satu dari sekian banyaknya proyek pemerintah yng berorientasi output, UN bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur kualitas hasil dalam bidang pendidikan, kualitas identik yang dengannya standar serta standar itu diharapkan dalam bidang pendidikan.
Pelaksanaan UN masih mempergunakan soal dalam bentuk tertulis oleh karena itu butuh upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan yang dengannya baik dalam menyelesaikan permasalahan yng dituangkan dalam bentuk goresan pena. Satu dari sekian banyaknya tatacara menaikan pemahaman soal dalam bentuk tulis merupakan menemukan key word (kata kunci soal). Key word dalam soal merupakan kata ataupun ungkapan yng mewakili konsep ataupun gagasan yng menandai suatu kelompok soal. Kemampuan siswa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemukan key word butuh dilatih serta dibiasakan mulai pada jenjang pendidikan dasar.
Penulis berupaya membiasakan siswa pada jenjang sekolah dasar dalam menemukan kata kunci pada soal yang dengannya tatacara: siswa membaca soal lebih dari satu kali, siswa menggaris bawahi kata-kata penting yng menjadi inti pertanyaan soal serta adalah kata yng mewakili konsep dalam sebuah soal.
Lihat pula: Kumpulan Soal UN & US SD/MI Tahun 2012 - 2014
Keuntungan yng diperoleh siswa yang dengannya terbiasa mencari key word antara lain: siswa paham maksud soal menjadikan bisa atau mampu menjawab yang dengannya benar, siswa terhindar dari persepsi ganda terhadap soal, siswa bisa menaikan ketelitian dalam menentukan inti dari pertanyaan soal, siswa tak terkecoh yang dengannya kata berlawanan semisal” tak serta kecuali”.
Semisal:
Ibu menampung air hujan di depan rumah dalam bak sampai-sampai penuhsebagai persediaan menyiram tanaman disaat hujan tak turun.Kesesokan harinya panas Amat terik, disaat sore ibu mermaksuk menyiram tanamannya sebenarnya air dalam bak tinggal tidak banyak. Perubahan wujud apakah yng terlaksana pada peristiwa yang telah di sebutkan....
a. membeku
b. mengkistal
c. menguap
d. mencair
Melatih serta membiasakan siswa menemukan key word mulai dari saat ini adalah langkah tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan siswa dalam menempuh UN yng dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Mudah-mudahan tulisan atau artikel ini berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil nilai UN yng lebih baik.
*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, Guru SD Muhammadiyah 9 Malang
Kamu pula bisa mengirim goresan pena Kamu ke SekolahDasar.Net
8 Februari 2015

Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.sekolahdasar.net/2015/02/key-word-cara-tingkatkan-pemahaman-siswa-terhadap-soal.html

Seputar Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Soal