Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya

- April 16, 2017

Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya

 
Kita tahu bahwasanya ada aneka macam jenis bangun datar dan setiap bangun datar tentu mempunyai unsur-unsur yng membangunnya. Satu dari sekian banyaknya jenis bangun datar merupakan lingkaran. Lingkaran merupakan kumpulan titik-titik yng membentuk lengkungan tertutup dimana titik-titik pada lengkungan yang telah di sebutkan berjarak percis terhadap suatu titik tertentu (titik pusat). Lingkaran memiliki unsur-unsur diantaranya yakni titik pusat, jari-jari, dimeter, busur, tali busur, juring, tembereng, dan apotema. Yang akan di sajikan kali ini gambar dan penjelasan mengenai unsur-unsur pembentuk lingkaran.
Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya 1. Titik pusat
Titik pusat lingkaran merupakan titik yng terdapat atau terletak di tengah-tengah lingkaran. Pada gambar diatas titik O adalah titik pusat lingkaran.
2. Jari-jari
Jari-jari lingkaran merupakan garis yng menghubungkan titik pusat ke titik lengkungan/keliling lingkaran. Pada gambar diatas garis OA, OB, OC adalah jari-jari lingkaran.
3. Diameter
Diameter lingkaran merupakan garis lurus yng menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat. Pada gambar diatas garis AB adalah diameter lingkaran.
4. Busur
Busur lingkaran merupakan garis lengkung yng terdapat atau terletak pada lengkungan/keliling lingkaran dan menghubungkan dua titik sembarang di lengkungan yang telah di sebutkan. Pada gambar diatas garis lengkung AC, garis lengkung AB, dan garis lengkung BC adalah busur lingkaran.
5. Tali busur
Tali busur lingkaran merupakan garis lurus yng menghubungkan dua titik pada lengkungan/keliling lingkaran dan tak melalui titik pusat lingkaran. Pada gambar diatas garis lurus dari A ke C adalah tali busur lingkaran.
6. Juring
Juring lingkaran merupakan luas daerah dalam lingkaran yng terbatas oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur. Pada gambar diatas juring lingkaran ditunjukkan oleh daerah yng berwarna kuning/daerah BOC (yakni daerah yng terbatas oleh jari-jari OB, OC dan busur BC).
7. Tembereng
Tembereng merupakan luas daerah dalam lingkaran yng terbatas oleh busur dan tali busur. Pada gambar diatas tembereng ditunjukkan oleh daerah yng berwarna hijau (daerah yng terbatas oleh busur AC dan tali busur AC).
8. Apotema
Apotema merupakan garis yng menghubungkan titik pusat dengan tali busur lingkaran dan garis yang telah di sebutkan tegak lurus dengan tali busur.
Selain bagian-bagian/unsur-unsur lingkaran diatas, dalam sebuah lingkaran terdapat pula sudut-sudut semisal sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, agar lebih memahami materi mengenai bangun datar lingkaran, ada baiknya andai kamu membaca pula Sudut Pusat, Sudut Keliling Lingkaran dan Segi Empat Tali Busur.


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.jendelailmu.net/2016/03/pengertian-dan-unsur-unsur-lingkaran.html

Seputar Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Unsur-unsur Lingkaran Lengkap dengan Penjelasannya