Menghitung Panjang Sisi Segitiga Jika Diketahui Besar Sudutnya

- April 18, 2017

Menghitung Panjang Sisi Segitiga Jika Diketahui Besar Sudutnya

 

menghitung panjang sisi segitiga jika diketahui besar sudutnya Hallo sahabat jendelailmu.net di artikel ini saya akan membahas kembali mengenai segitiga, akan tetapi yng akan saya bahas di artikel ini bukan mengenai luas maupun kelilingnya melainkan mengenai tips menghitung panjang sisi segitiga andai diketahui besar sudut serta satu dari sekian banyaknya panjang sisinya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan jenis soal demikian, berlebi dahulu kita butuh mengingat kembali ataupun belajar (bagi yng belum belajar) mengenai trigonometri.
Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku
Segitiga Siku-siku
  • Sisi dihadapan sudut siku-siku, yakni sisi AB = c, disebut sisi miring.
  • Sisi didepan sudut α°, yakni sisi BC = a, disebut sisi tegak.
  • Sisi disamping sudut α°, yakni sisi AC = b, disebut sisi datar.

Rumus sinus Rumus cosinus Rumus Tangen Nilai perbandingan trigonometri bagi atau bisa juga dikatakan untuk sudut-sudut istimewa bisa dilihat dalam table berikut: Tabel Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa Yang dengannya rumus-rumus trigonometri diatas kita bisa mencari panjang sisi, besar sudutnya serta nilai dari sin, cos, serta tan.
Semisal soal serta pembahasannya:
1. Perhatikan gambar segitiga berikut, andai diketahui panjang sisi BC = 3 cm serta besar sudut A=30°, berapakah panjang sisi AB serta AC ? Menghitung Panjang Sisi Segitiga Jika Diketahui Besar Sudutnya
Jawab: a) Pertama kita cari panjang sisi AB: Didasari soal diatas, kita Perlu menentukan berlebi dahulu apakah akan diselesaikan yang dengannya sin, cos ataupun tan. Dari berita yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari panjang AB maka yng sesuai merupakan yang dengannya mempergunakan sin, (Kenapa mempergunakan sin? rumus sin α° = a/c, nah berdasakan gambar, sisi a yakni panjang BC sudah diketahui nilainya (3cm) menjadikan kita akan lebih gampang menghitung panjang AB).
Langkah-langkahnya menjdai berikut:
nilai dari sin 30 merupakan ½ (lihat tabel trigonometri bagi atau bisa juga dikatakan untuk sudut2 istimewa diatas) maka:
c = panjang sisi AB Jadi panjang sisi AB = 6cm
b) Panjang sisi AC:
nilai dari cos 30 merupakan ½√3, maka: b = panjang sisi AC Jadi panjang sisi AC = 3√3cm Lihat pula: Kumpulan Soal Segitiga 2. Dari gambar berikut panjang sisi AC merupakan … Trigonometri pada segitiga siku-siku
cari panjang sisi AC: Langkah-langkahnya menjdai berikut: nilai dari cos 45° merupakan ½√2 (lihat tabel trigonometri bagi atau bisa juga dikatakan untuk sudut2 istimewa diatas) maka:
b = panjang sisi AC Jadi panjang sisi AC = 6cm


Sumber Rujukan Dan Gambar : http://www.jendelailmu.net/2015/11/menghitung-panjang-sisi-segitiga-jika_11.html

Seputar Menghitung Panjang Sisi Segitiga Jika Diketahui Besar Sudutnya

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Menghitung Panjang Sisi Segitiga Jika Diketahui Besar Sudutnya